Friday, December 18, 2009

Kari Udang

BAHAN:
-1 1/2 kaleng santan kelapa kental
-Minyak sayur untuk menumis
-1/2 buah jeruk nipis
-1 lbr daun bawang dirajang kasar untuk taburan
-3 sdm bawang goreng untuk taburan
-20 ekor Udang ukuran Jumbo (dibersihkan..ekornya jangan dibuang... biar cakep presentation-nya ..huehehe)
-1 batang serai, potong bagian putihnya aja trus digeprek..preeek!..
-2 lembar daun salam (bay leaves)
-1 sdm kecap ikan

*Yang diulek haluuuuus :
------------------------
-20 buah Cabe merah (ini ngga pedes kok, jangan takut... hasilnya jadi cantiiik merah ceraaah deh..*lihat foto di atas*)
-3 sdm gula merah
-2 butir candle-nut (kemiri) disangrai
-2 sdm ketumbar disangrai
-1 sdm merica butir disangrai
-1 sdm turmeric bubuk (ato 1 cm kunyit segar)
-1 cm jahe segar
-2 sdm garam
-1 tomat matang ukuran sedang kupas kulitnya
-1/2 sdt terasi bakar
-5 bawang merah
-5 bawang putih
CARA:
----
1. Kupas udang jumbo... ekornya jangan dibuang yah.. Jangan lupa bersihkan bagian punggung-nya, belah-belah punggungnya "memanjang" supaya 'ntar kalo dimasak jadi bisa mekaaar..
2. Taro udang mentah di atas piring ceper....
..perciki udang dengan 1/2 buah jeruk nipis and taburi udang dengan sejumput kecil garam halus, lalu sisihkan bentar di dalam kulkas. Cuekin aja bentar..
3. Sementara itu.. panaskan wajan tanpa minyak.. lalu..ketumbar, kemiri, merica butiran disangrai rame-rame sampe berubah warna dan wangiiii baunya..jangan sampe gosong lho... abis itu angkat dan panas-panas langsung ulek bersama bahan-bahan yang dihaluskan lainnya sampe haluuuuuus consistency-nya...
4. Panaskan minyak... tumis bumbu halus sampe wangi dan merah cerah warnanya...
Tuangi santan kental... aduk-aduk...masukan daun salam, serai, kecap ikan, lalu cicipilah...
Masukan udang, aduk-aduk lagi sebentar... jangan sampe kelamaan.. bahan seafood itu gampang sekali matang, kalo kelamaan daging udangnya jadi "stale" dan rasa dagingnya jadi kering seperti gabus..
Angkat...taburi rajangan daun bawang dan bawang goreng, nah udah deh siap disajikan ..paling enaaak sih makannya bareng Basmati Rice yang panas ngepul-ngepul(Basmati Rice = nasi putih wangi dari India) dan dipinggir piringnya dicolekin acar ...
Oh iya.. kalo pingin supaya jadinya lebih cakep lagi ato supaya keliatannya lebih exotic bisa bikin tusuk sate dari batang tebu yang kulit tebu-nya jangan dikupas.. begitu masakan ini matang angkat dari atas kompor, udangnya disematkan pada batang tebu tsb dibagian pangkalnya tusukin potongan red bell-pepper(paprika merah).. masukin "sate tebu kari udang" di dalam mangkuk saji seperti menyajikan sate..gitu lho.
Nah.... Kalo mo lebiiiih iseng lagi... bisa bikin variasi unik lain lagi nih: bahan-bahannya sama persiiis, caranya sama persiiis, tapi hasil masakannya yang udang matang dicampur ama 8 buah tahu mentah yang udah diancurin/diremas-remas, aduk sampe merata betul.. lalu... bungkus kira-kira 5-6 sdm didalam daun pisang ...selipin cabe rawit sebiji dua biji gitu.. kalo ada selipin daun kemangi sepetik dua petik, taburi sedikit bawang goreng...digulung lalu sematkan tusuk gigi... trus bakar diatas arang... jadi PEPES KARI UDANG deh... buat yang ngga mo rese' maen bakar-bakaran pake arang..etc..etc... bisa langsung di taro di mangkuk masukin didalam rice cooker, steam sampe matang, ato langsung masukin dalam dandang biasa..
Kalo mo variasi lain lagi bisa pake resep bumbu yang sama tapi udangnya diganti ama cumi-cumi muda yang isi badannya dibuang dan dicuci bersih... bisa jadi pepes cumi juga kok... ehh, kalo punya pohon belimbing wuluh masukin belimbing wuluh ke dalam body mulusnya si cumi-cumi tadi ... trus pepes si cumi-cumi tadi sampe matang bersama remasan tahu yang dibumbuin ama kuah karinya dan jangan lupa selipin cabe rawit juga yah... Hidangkan bareng nasi putih panas, lalapan mentimun... dan krupuk udang... Nyam...nyaaammm....!
Met nyobain deh!

Note : Recipe from Yvonne

No comments:

Post a Comment