Sunday, March 28, 2010

Buah Okra

Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa itu Okra ketika membaca postingan resep Gulai Kepala Ikan? Bagi yang tinggal di daerah kepulauan Riau, Sumatra, Malaysia dan Singapura, mungkin tak asing dengan jenis sayuran yang ini. Tapi bagi anda yang belum pernah melihatnya, berikut sedikit gambaran mengenai Okra.


Tanaman Okra (Abelmochus esculentus) atau yang lebih dikenal kacang arab,buahnya mirip jari-jari lentik penari Thailand sehingga tak berlebihan bila orang Amerika menjulukinya sebagai “Lady’s Finger” karena buahnya yang berbentuk silindris berujung runcing seperti jari wanita bangsawan.

Di beberapa negara seperti India, Srilangka, Jepang, Philiphina, Saudi Arabia dan Eropa, masakan buah Okra ini sangat populer.
 
Buah Okra mengandung banyak lendir, sehingga buah okra tidak cocok /sesuai untuk sayuran yang diberi air seperti sayur asem/sayur sop.  Penggunaan Okra di Indonesia lebih cocok untuk sayur kari, oseng-oseng, tumis, atau campuran “sambal goreng cabe”.

Manfaat lainnya, biji dari buah tua Okra dapat dimanfaatkan sebagai bahan industri minyak dan protein, karena Okra memiliki kandungan minyak dan protein yang berkualitas bagus.

No comments:

Post a Comment